logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pembuatan Akta Kelahiran Secara Kolektif Dari Desa

Pembuatan Akta Kelahiran Secara Kolektif Dari Desa

KM RENSING BAT_Sesuai isi surat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Lombok Timur tertanggal 8 Januari 2018 Nomor : 474/10/KPS/2018

Pengumuman

KM Rensing Bat
Oleh KM Rensing Bat
26 Februari, 2018 06:26:00
Pengumuman
Komentar: 0
Dibaca: 10727 Kali

KM RENSING BAT_Sesuai isi surat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur tertanggal 8 Januari 2018 Nomor : 474/10/KPS/2018 perihal Pelayanan Kolektif Akta Kelahiran Kepada seluruh masyarakat Lombok Timur yang di kirim kepada seluruh Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Lombok Timur.

Isi surat tersebut adalah sbb: Dalam rangka tertib administrasi kependudukan khususnya mempercepat capaian realisasi cakupan kepemilikan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun dikabupaten Lombok timur diperlukan sinergi dan kerjasama lintas sektoral dalam mewujudkan hal tersebut. Untuk itu dinas dukcapil menyampaikan beberapa hal :

  1. Bahwa Desa/ Kelurahan adalah ujung tombak terdepan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dalam membantu terwujudnya tertib administrasi kependudukan dan tercapainya target kepemilikan dokumen kependudukan.
  2. Memberikan imformasi secara terus menerus, benar dan jelas kepada masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan khususnya akta kelahiran.
  3. Menunjuk salah satu staf untuk dapat membantu masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukannya (secara kolektif) khususnya akta kelahiran
  4. Petugas yang ditunjuk agar dilengkapi dengan : KTP yang diberikan tugas (pelapor), Surat Tugas/ SK, Lampiran nama-nama yang dibuatkan akta kelahiran dengan mengetahui Kepala Desa ditandatangani dan stempel basah.
  5. Terhadap semua pelayanan administrasi kependudukan yang dilaksanakan tidak dipungut biaya/denda (GRATIS).
  6. Sesuai Peraturan Bupati Lombok Timur Nomor 18 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Timur Nomor 8 Tahun 2011 tentang penyelenggraaan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatatan Sipil dinyatakan bahwa Pencatatan Kelahiran Penduduk Warga Negara Indonesia harus memenuhi syarat berupa :
    1. Surat Keterangan Lahir dari Dokter/Bidan/ atau Surat Keterangan Kelahiran dari Lurah/ Kepala Desa
    2. Nama dan identitas saksi Kelahiran
    3. Kartu Keluarga, KTP Kedua orang tua
    4. dan Kutipan Akta Nikah/ Perkawinan orang tua
  1. Dalam hal persyaratan berupa Surat Keterangan lahir dari dokter/ bidan/ penolong kelahiran tidak dipenuhi, pemohon wajib melampirkan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) kebenaran data kelahiran yang merupakan pernyataan yang dibuat oleh orang tua kandung/wali/pemohon dengan tanggung jawab penuh atas status kelahiran seseorang, dengan diketahui oleh 2 (dua) orang saksi
  2. Dalam hal persyaratan berupa akta nikah/ kutipan akta perkawinan, pemohon wajib melampirkan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) kebenaran sebagai pasangan suami istri yang merupakan pernyataan yang dibuat oleh orang tua kandung/ wali pemohon dengan tanggung jawab penuh atas status hubungan perkawinan seseorang, dengan diketahui 2 (dua) orag saksi.
  3. Saksi yang dimaksud dalam SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) adalah orang yang melihat/menyaksikan atau mengetahu penandatanganan SPTJM
  4. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung ke DInas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur (Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil).

Adapun untuk akta kelahiran yang manual atau Non SIAK dilakukan konversi ke akta kelahiran berbasis SIAK, dengan melampirkan :

 

Baca Juga :


  1. Akta Kelahiran Asli
  2. Kartu Keluarga

Dengan adanya surat yang telah dikeluarkan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil tersebut diharapkan bagi masyarakat yang anaknya, keluarganya,sahabatnya atau siapapun yang belum memiliki akta kelahiran supaya langsung datang ke Kantor Desa Rensing Bat untuk mendaftarkannya dengan membawa persyaratan sebagaimana tersbut diatas.



 
KM Rensing Bat

KM Rensing Bat

Desa Rensing Bat berbatasan dengan Kabupaten lombok tengah yang merupakan desa paling barat di Kecamatan Sakra Barat setelah Desa Sukarara dan Desa Rensing.Kepala Desa MUHAMMAD HILMI, SE HP.081803647953, IBRAHIM ARIFIN HP.087763052575 (penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan