logoblog

Cari

Tutup Iklan

5 Situs Berita di NTB Dengan Pembaca Terbanyak

5 Situs Berita di NTB Dengan Pembaca Terbanyak

Masyarakat di Provinsi NTB memiliki semangat membaca yang semakin baik. Meskipun di daerah ini, koran masih menjadi arus utama. Namun, keberadaan

Pengumuman

Azwar Zamhuri
Oleh Azwar Zamhuri
19 April, 2018 19:14:51
Pengumuman
Komentar: 0
Dibaca: 26452 Kali

Masyarakat di Provinsi NTB memiliki semangat membaca yang semakin baik. Meskipun di daerah ini, koran masih menjadi arus utama. Namun, keberadaan situs-situs berita yang update setiap hari sangat membantu penyebaran informasi ke masyarakat luas.

Jumlah situs berita di Indonesia sangat banyak mencapai ratusan ribu. Sedangkan di NTB, situs berita yang selalu update masih pada angka puluhan saja.

Pengaruh sebuah situs berita, ditentukan oleh jumlah pembacanya. Berdasarkan data Alexa pada Selasa siang, tanggal 17 April 2018, inilah 5 situs berita di NTB dengan jumlah pembaca terbanyak :

1. kicknews.today
Sejak beberapa bulan terakhir, situs berita kicknews.today merajai NTB. Terbukti, Kicknews mampu menempatkan diri pada posisi 1.315 dari ratusan ribu situs berita di Indonesia. Posisi tersebut jauh meninggalkan situs berita lainnya yang ada di NTB.

Sementara untuk fanspage di media sosial facebook, jumlahnya tidak begitu banyak. Data tertanggal 17 April, jumlah orang yang menyukai fanspage Kicknews.today sebanyak 20.166 dan diikuti 20.649 orang.

Sebagai media online, kecepatan menjadi kekuatan utama. Hal itulah yang menjadi keunggulan Kicknews sehingga paling banyak pembacanya di NTB. Pristiwa yang terjadi, bisa diinformasikan langsung beberapa jam kemudian.

Dalam laman resminya, kicknews.today adalah media online yang berada dibawah menejemen ensiklomedia. Kehadirannya memang dihajatkan untuk memberikan informasi dan berita dengan mengutamakan ketepatan dan kecepatan.

2. radarlombok.co.id
Situs berita yang paling banyak dibaca di NTB selanjutnya adalah radarlombok.co.id dengan peringkat 9.557 di Indonesia. Kelebihan situs ini, informasi yang disampaikan dalam sebuah berita cukup mendalam.

Sayangnya, gaya penulisannya masih mempertahankan pola koran. Sebagai media online, seharusnya bisa menyajikan berita lebih renyah, gurih dan ringan. Apabila ditelisik lebih jauh, konten yang ada semuanya persis sama dengan koran Radar Lombok.

Hal itu disebabkan radarlombok.co.id dikelola tidak maksimal. Keberadaannya sekedar untuk memuat berita-berita yang ada di korannya. Meskipun, tidak semua berita yang ada di koran Radar Lombok dinaikkan dalam situs ini.

Tampilan yang cukup menarik dan lengkap, menjadi salah satu daya tarik situs ini. Pengawalan terhadap sebuah isu, membuat masyarakat tetap mengunjunginya. Untuk sebuah isu saja, bisa diberitakam berkali-kali hingga menjadi puluhan berita dari awal hingga akhir.

Akun facebook resmi Radar Lombok, telah disukai 21.760 orang dan diikuti 22.206 orang. Angka tersebut melebihi jumlah fanspage Kicknews.today yang merupakan situs berita terbesar di NTB.

Dalam laman resminya, disebutkan bahwa Radar Lombok adalah media terpercaya di Nusa Tenggara Barat. Tergabung dalam JPNN Group menghadirkan berita pilihan nasional dan daerah yang terupdate.

 

Baca Juga :


3. SUARANTB.com
Urutan ketiga situs berita yang paling banyak dibaca masyarakat NTB yaitu suarantb.com dengan peringkat 9.673 se-Indonesia. Sedangkan fanspage resminya, telah disukai sebanyak 20.717 orang dan diikuti 20.928 orang.

Situs berita ini sempat menjadi rujukan pada awal-awal berdirinya. Namun beberapa waktu terakhir, berita yang disajikan tidak secepat dahulu. Selain itu, beberapa konten beritanya juga bisa dibaca dalam koran Suara NTB.

SUARANTB.com dalam keterangan resminya, merupakan sebuah portal berita lokal bagian dari Kelompok Media Bali Post (KMB) di NTB. suarantb.com sendiri didirikan oleh para awak redaksi Harian Suara NTB.

Portal berita ini mengusung tagline “Jendela NTB untuk Dunia”. Tagline tersebut merupakan mimpi untuk menjadi sebuah portal berita, dimana dunia bisa memandang NTB melalui suarantb.com

4. lombokpost.net
Posisi ke-4 situs berita yang banyak dibaca di NTB yaitu lombokpost.net dengan ranking 12.632 di Indonesia. Pantauan penulis, situs berita ini beberapa kali mengalami gangguan.

Konten berita yang disajikan, tidak berbeda dengan isi koran Lombok Post. Masyarakat NTB, masih lebih banyak membaca korannya dibandingkan situs lombokpost.net.

Untuk di Medsos, fanspage Lombok Post Online menjadi yang terbesar. Jumlah orang yang menyukai fanspage Lombok Post Online sebanyak 38.577 orang dan diikuti oleh 38.882 orang.

5. samawarea.com
Posisi ke-5 diduduki oleh situs berita asal Pulau Sumbawa. Berdasarkan data Alexa, samawarea.com menempati ranking 19.467 di Indonesia.

Situs berita dengan tagline Lokal yang mengglobal ini, penulis tidak menemukan fanspage di Medsos facebook.

Itulah 5 situs berita yang paling banyak pembacanya di NTB. Urutan 5 besar versi Alexa, bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan jumlah kunjungan pembaca pada situs tersebut.

Penulis berharap, informasi 5 situs berita di NTB dengan pembaca terbanyak bisa memberikan manfaat. Terutama bagi masyarakat yang ingin membaca berita secara online. 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan