logoblog

Cari

Hati-hati Dengan Medsos, Nanti Kita Bisa Ditahan

Hati-hati Dengan Medsos, Nanti Kita Bisa Ditahan

HATI-HATI DENGAN MEDSOS, NANTI KITA BISA DITAHAN KM. Masbagik. Zaman yang telah berubah menjadi era milenial membuat semua informasi dapat di

Pengumuman

KM Masbagik
Oleh KM Masbagik
17 November, 2018 08:51:19
Pengumuman
Komentar: 0
Dibaca: 5984 Kali

HATI-HATI DENGAN MEDSOS, NANTI KITA BISA DITAHAN

KM. Masbagik. Zaman yang telah berubah menjadi era milenial membuat semua informasi dapat di akses dimana saja dan kapan saja. Namun sudah saatnya juga kita mengetahui ada beberapa prilaku di Media Sosial (Medsos) yang patut kita tahu karena bisa jadi dapat menjerat kita ke ranah hukum.

Kepolisian Republik Indonesia yang bertugas mengawasi seluruh gerak dan prilaku warga negara di Indonesia telah melakukan kajian terhdap penggunaan Medsos akhir-akhir ini. Terlebih lagi dengan telah munculnya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik no. 19 tahun 2016 atau bisa disebut dengan Undang-Undang ITE yang menyebabkan bagi seseorang yang melanggar ketentuan tersebut akan dikenakan sanksi hukuman.

Adapun beberapa pasal yang menjadi acuan Kepolisian dalam menjerat para pengguna Medsos yaitu Pasal 27 yang isinya tentang kesusilaan, perjudian, penghinaan, pemerasan dengan denda maksimal 6 tahun penjara dan denda Rp. 1 Milyar sesuai dengan pasal 45. Pasal 28 yang isinya tentang berita bohong /hoax dan ujaran kebencian dengan hukuman maksimal 6 tahun penjara dan denda Rp. 1 Milyar sesuai dengan pasal 45A. Pasal 29 yang isinya tentang pengancaman dengan hukuman maksimal 4 tahun penjara dan denda Rp. 750 juta sesuai dengan pasal 45B. Pasal 30 tentang peretas sistem data elektronik dengan hukuman maksimal 6 tahun penjara dan denda Rp. 600 juta sesuai pasal 46. Pasal 30 tentang Pencurian data elektronik dengan hukuman maksimal 7 tahun penjara dan denda Rp. 700 juta sesuai pasal 46. Dan pasal 30 tentang akses ilegal dengan hukuman maksimal 8 tahun penjara dan denda Rp.800 juta sesuai pasal 46.

 

Baca Juga :


Mari kita pergunakan sistem tekhnologi atau medsos dengan bijak karena salah memberikan informasi bisa jadi kita akan berhubungan dengan ranah hukum. Salam toes dari kampung. Mari meriri.

By_Andre D’Jails



 
KM Masbagik

KM Masbagik

Nama: Andre Kurniawan, S. Pd. TTL: Kesik, 01 April 1990. Alamat: Desa Kesik Kecamatan Masbagik. Pekerjaan: Swasta. No. HP: 082340354845. Email: Andrejail17@yahoo.com.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan