logoblog

Cari

Dispora Lotim Akan Menyeleksi Pemuda Pelopor 2019

Dispora Lotim Akan Menyeleksi Pemuda Pelopor 2019

KM. Pohgading Timur – Pemuda pelopor adalah pemuda yang memiliki rasa perintis, kepeloporan dalam bidang yang ditekuni untuk membantu masyarakat sekitar

Pengumuman

KM Pohgading Timur
Oleh KM Pohgading Timur
06 Maret, 2019 15:38:08
Pengumuman
Komentar: 0
Dibaca: 16405 Kali

KM. Pohgading Timur – Pemuda pelopor adalah pemuda yang memiliki rasa perintis, kepeloporan dalam bidang yang ditekuni untuk membantu masyarakat sekitar dengan cara dan tekniknya sediri dan di kembangkan untuk membatu masyarakat sekitar. Sejak tahun 2006 kabupaten Lombok timur selalu mendaptakan perhatian dari mentri pemuda dan olahraga karena pada waktu itu ada salah seorang pemuda yang memberanikan dirinya ikut serta dalam ajang yang bergengsi ini.Setelah berhasilnya pemuda pelopor asal Lombok timur dan dia melnjutkan pergeraknya mencari  dan mencari pemuda pelor yang selanjutnya dan sampai tahun kemarin 2018 ada satu pemuda mendapatkan juara tingkat nasional mewakili kabupaten Lombok timur di ajang yang bergengsi ini. Penyeleksi pemuda pelopor tahun ini akan dilaksnakan pada bulan april hasil rapat koordinasi yang sudah kamilakukan kemarin dan penyebaran surat pemberitahuan ke 21 desa sudah dilakukan sejak tadi pagi oleh Kepala Bidang Sarana Pemuda kabupaten Lombok timur bapak Badri
Adapun bidang yang di perlombakan dalam penyeleksian pemuda pelopor adalah bidang Pendidikan, bidang agama, sosial dan budaya, bidang pengolahan lingkungan hidup dan pariwisata, bidang pangan dan bidang inovasi teknologi. Adapun criteria dari keploporan yang di maksud adalah kepeloporan bidang pendidkan adalah upaya nyata yang secara rillmenghasilkan karya nyata kepeloporan meliputi inovasi, metodelogi, dan model pembelajaran, media dan alat bantu pembelajaran, teknologi pembelajaran pengembangan dan pengolahan pendidikan serta swadaya baik formal maupun informal. 
Kepeloporan bidang agama, sosial budaya dan pariwisata merupakan prakarya pemuda yang secara ril menghasilkan karya nyata rumpun-rumpun bidang yang meliputi sosial agama penanggulanagn bencana, pelayanan keagaman kesejahtraan sosial tindakan kesukarelawanan dan perkasa kemanusian yang lainya. Budaya berupa pemusik, penari, perupa dan pameran dengan mengutamakan karaktristik, dan kearifan lokal untuk memilihara kebinekaaan dan mengharumkan nama bangsa.
Kepeloporan pengolahan sumber daya alam dan lingkungan merupakan prakarsa kepeloporan pemuda dalam mengkonservasi potensi sumber daya alam dan lingkungan meliputi kegiatan – kegiatan penataan, pengolahaan, pelestarian, produksi, dan pemasaran terkait sub-sub bidang air bersih, pertanian, perhutanan, perkebunan, perikanan, kelautan dan kemaritiman untuk meningkatkan prekonomian dan kesejahtraan masyarakat berkelanjutan.
Kepeloporan pangan adalah upaya mengembangkan potensi sumber daya alam di bidang pangan dan mengutamakan peningkatan nilai guna produksi, pengolahan, pemanfaatan dan pemasaran produksi pangan untuk meningkatkan kesehatan pangan dan kecupan gizi, menuju pada tercapainya ketahanan pangan nasional, yang akan berdampak pada meningkatnya nilai tambah prekonomian dan kesejahtraan masyarakat.
Kepeloporan inovasi teknologi adalah upaya nyata pemuda dalam menciptakan menginovasi mengembangkan dan merekayasa teknologi berbagai bidang yang menghasilkan karya nyata yang memberikan manfaat bagi peningkatan prekonomian dan kesejahtraan masyarakat.
Adapun persyaratan mengikuti lomba pemuda pelopor tersebut adalah Warga negara Indonesia (yang berdomisili dan memiliki KTP Kota kabupaten Lombok timur), Berusia 17 sampai  30 Tahun (Sesuai UU No 40 Th. 2012) melampirkan Fc akte kelahiran, Bukan Pegaiwai Negeri Sipil (PNS), Pegawai BUMD/BUMN dan tidak sedang mendapatkan beasiswa atau penugasan penelitian dari instansi/lembaga, Kepeloporan yang di capai telah di implementasikan paling sedikit 1 tahun, Belum pernah mendapatkan penghargaan terbaik I, II, III dalam pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional dan penghargaan lainnya dari Kemenpora dan Tidak sedang mengikuti seleksi pemilihan lainnya yang dilaksanakan Kementrian Pemuda dan Olahraga Tahun 2019.
By: Badri_asa

 

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan