logoblog

Cari

Bupati Lobar Buka Mukernas Regional IV UDD PMI

Bupati Lobar Buka Mukernas Regional IV UDD PMI

Mataram KIM,-Bupati Lombok Barat membuka  Mukernas  Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia Regional IV,di Hotel Aruna Senggigi.Jum'at (05/07).Mukernas tersebut

Pengumuman

KIM SEKOTONG TENGAH
Oleh KIM SEKOTONG TENGAH
05 Juli, 2019 18:52:39
Pengumuman
Komentar: 0
Dibaca: 1700 Kali


Mataram KIM,-Bupati Lombok Barat membuka  Mukernas  Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia Regional IV,di Hotel Aruna Senggigi.Jum'at (05/07).Mukernas tersebut di hadiri oleh 98 orang peserta dari empat provinsi yang tergabung dalam UDD PMI regional IV. Yakni Provinsi Jawa Timur,Bali,NTB dan NTT.Hadir di antara 98 peserta tersebut ,48 Dokter UDD PMI  dan 50 pengurus wilayah UDD PMI.Kegiatan mukernas  akan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 5-6 Juli 2019.
Pada acara pembukaan yang berlangsung  sekitar Pukul 10:00 Wita tersebut, didahului dengan penyampaian sambutan  oleh Rudi Razak,selaku  perwakilan pengurus PMI Provinsi Nusa Tenggara Barat.Dalam sambutan singkatnya,beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta mukernas,serta mengharapkan para peserta untuk tidak cepat- cepat pulang.
“ Selamat datang di Pulau Lombok,dan kami harapkan kepada para peserta mukernas untuk jangan cepat-cepat pulang,  karena kami mempunyai program 100 Desa wisata,”ujarnya mempromosikan destinasi wisata yang ada di Pulau Lombok.Tak lupa Pula, Razak menyampaikan permohonan maaf  Ketua PMI NTB  yang tidak bisa hadir pada acara tersebut. 
"Selanjutnya saya serah kan kepada Bupati Lombok Barat untuk memberikan sambutan, sekaligus membuka secara resmi kegiatan pada hari ini,"Kata Rudi Razak menutup sambutannya.
Pada giliran sambutan selanjutnya,Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid.S.Ag.M.Si terlebih dahulu memberikan apresiasi dan ucapan  terima kasih kepada PMI seluruh Indonesia yang telah membantu dalam penanganan pasca gempa Lombok.
"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Lombok Barat sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia Cabang Lombok Barat, ingin mempergunakan kesempatan ini untuk menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisifasi dan peran serta semua rekan-rekan PMI seluruh Indonesia.Karena telah membantu kami dalam penanganan musibah gempa.Bantuan rekan-rekan di rasakan sangat bermanfaat,dan bahkan yang paling nyata saya  lihat,adalah bantuan PMI,"kata Bupati Fauzan Khalid.
Dalama kesempatan tersebut ,beliau juga menyinggung  kegaiatn UDD PMI Lombok Barat yang telah berjalan dengan baik. 
“Alhamdulillah,UDD PMI Lombok Barat dapat berjalan dengan baik, tentunya ini juga atas support rekan-rekan PMI  dan Unit Donor Darah,"Lanjut Fauzan.
Selain itu,Bupati yang baru saja di lantik ini  menyebutkan tentang penurunan angka pendonor darah yang  di tangani unit donor, serta bertekad untuk melakukan gerakan donor darah missal pada Bulan Agustus 2019  nanti.
“Pada tahun 2017,jumlah pendonor melalui UDD PMI Lombok Barat 28.149 pendonor. Tahun 2018 sebanyak 28.189 pendonor,.Dan Tahun 2019 sampai saat ini terdapat 10.895 orang pendonor.Ada penurunan,dan ini tidak terlepas dari situasi dan kondisi pasca gempa,".Sebut orang nomor satu di Gumi Patut Patuh Patju ini.
Selanjutnya Fauzan Khalid juga mengatakan
"Tetapi insya Allah menyambut 17 Agustus mendatang, kami sudah beberapa kali rapat dengan rekan-rekan PMI lobar,PMI Provinsi NTB, termasuk UDD dan bebarapa rekan-rekan yang mensupport kami.Menyambut 17 Agustus 2019 nanti,kami akan mengadakan donor darah masal dengan target1.500 pendonor,Kami  mohon do’a semoga ini tercapai," Harap Bupati dengan masa jabatan 2019-2024 tersebut.
Terkait masalah partisifasi pendonor di Lombok Barat,Beliau menyebutkan pengalaman pada tahun sebelumnya,dimana  banyak terdapat pendonor yang  terkendala masalah kesehatan.
“ Kami belajar dari pengalaman pada Tahun 2016 lalu, Lombok Barat pernah mengadakan donor darah dalam rangka Hut Kabupaten Lobar  dengan target 1000 pendonor.Akan tetapi, hanya 600 pendonor yang bisa mendonorkan darahnya.Padahala pada waktu itu, yang hadir lebih dari 1.500 orang yang ingin ikut mendonor, tetapi yang memenuhi syarat kesehatan hanya 600 orang,”jelasnya panjang lebar pada acara mukernas yang berlangsung selama 2 hari tersebut.
“Dari pengalaman itu pula, banyak sebenarnya yang berkontribusi besar terhadap ketersediaan darah di UDD PMI Lobar yang secara tetap menyumbangkan darahnya.Dan ini bisa kita sebarkan ke instansi-instansi lain dan personal-personal lain.Karena  kalau kita sosialisasikan,kalau kita sebarkan, manfaat melakukan donor darah,tidak hanya konteksnya untuk kemanusiaan, tetapi juga manfaatnya kepada personal orang yang mendonorkan darahnya.
“Ke depan  UDD PMI Lobar  ingin memperbaiki pelayanan  dari sisi kuantitas maupun kualitas.Ini sangat sesuai dengan Tema pertemuan kali ini,Penguatan jejaring informasi antara UDD PMI untuk peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan darah,”Demikian sambutan Bupati Lombok Barat pada saat membuka acara Mukernas tersebut,sebagaimana di laporkan langsung oleh jurnalis KIM Sekotong  dari Hotel Aruna Senggigi,Mardiansyah.
Setelah memberikan sambutan,Bupati Lombok Barat kemudian membuka acara tersebut secara resmi.
“Selanjutanya,saya atas nama Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan Ketua PMI Lombok Barat membuka dengan resmi pertemuan ini dengan mari kita sama-sama membaca Al-Basmallah,”Tutup Bupati H.Fauzan Khalid. (Mrd.)

 

Baca Juga :




 
KIM SEKOTONG TENGAH

KIM SEKOTONG TENGAH

Kim ( Kelompok Informasi Masyarakat ) Desa Sekotong Tengah terbentuk sejak tahun 2017.Merupakan salah satu media untuk berbagi informasi yang di tulis oleh warga,dan untuk warga dan dari warga.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan