Operasi Zebra, Puluhan Kendaraan Kena Tilang

KM.RUNGGU-Pelaksanaan Operasi Zebra Gatarin 2015 oleh Jajaran Polisi Lalu Lintas Polres Bima Kabupaten, Giat Zebra Gatarin baru berjalan seminggu telah berhasil menilang ratusan pengendara motor dan mobil. Namun jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan hasil operasi tahun 2014 lalu. Demikian keterangan Kasat Lantas Polres Bima Kabupaten IPTU. Pratiwi Nofiani, SH kemarin di ruang kerjanya.

       Dijelaskanya bahwa pelaksanaan operasi Zebra Gataran 2015, untuk minggu pertama berjalan lancar aman. Namun kegiatan itu, tidak didukung tenaga personil yang cukup. “Kegiatan Operasi Zebra Gatarin sekarang, bertepatan dengan masa kampanye Pilkada Kabupaten Bima. Sehingga personil terbagi, biasanya kita lakukan razia setiap harinya sampai Empat kali. Sekarang karena Pilkada hanya bisa sampai dua kali” jelas Pratiwi.

       Lanjutnya, pelaksanaan operasi kali ini berhasil menindak sebanyak 657 pengemudi motor dan mobil. Paling banyak melakukan pelanggaran adalah para pengendara sepeda motor, dan untuk mobil yang banyak ditindak adalah sopir Pick Up karena mengangkut manusia. “Para pengemudi banyak yang tidak menggunakan helm, sedangkan mobil sopir pick up. Jadi operasi Zebra tidak ada peringatan, langsung ditilang setiap ada pelanggaran,” papar Pratiwi.

       Operasi Zebra dengan sasaran pengemudi ataupun kendaraan roda dua dan empat yang tak lengkap surat suratnya seperti tak membawa SIM, STNK, tak menggunakan Helm serta kenalpot standar atau tidak sesuai dengan spek tek. “Bagi pengguna kendaraan, keluar dan mengendarai kendaraan dijalan raya diharapkan membawa semua perlengkapan kendaraan. Kalaupun sudah di tilang, hadiri sidang di PN setiap hari Rabu. Kalaupun sudah disidang silahkan ambil BB di Kantor Polres Bima Kabupaten,” Pungkas Pratiwi. (RIS) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru