Pameran Arkeologi di Rumah Peradaban


KM. Sukamulia – Sekitar pada pukul 08.15 Wita, Sekertariat Rumah Peradaban Arkeologi Lendang Nangka terlihat ramai. Para tokoh adat dan pengelingsir Sasak serta tokoh agama dan tokoh pemuda berdatangan memenuhi kursi yang telah disediakan oleh panitia. Tabuhan Gendang Belek dan suara Suling Dewa semakin meramaikan suasana. Puluhan orang Tim Badan Arkeologi Nasional terlihat terkesima menyaksikan antusias para undangan dan uniknya atraksi budaya sasak yang disajikan oleh panitia Acara Peresmian Rumah Arkeologi dan Acara Sosialisasi Arkeologi. Satu jam kemudian, acarpun dimulia, salah satu rangkaian acara tersebut adalah Pameran Rumah Peradaban Arkeologi.


Rumah Peradaban Arkeologi diresmikan oleh Badan Arkeologi Nasional dengan penandatangan Prasasti Peresmian Rumah Peradaban Arkeologi Lendang Nangka. Setelah penandatanganan prasasti dilaksanakan maka Badan Arkeologi Nasional melangsungkan acara Sosialisasi Arkeologi yang bertema “Sumber Daya Arkeologi Sebagai Modal Pembangunan Bangsa”. Pada acara sosialisasi tersebut, Badan Arkeologi Nasional menyampaikan bahwa kekayaan arkeologi memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun bangsa ini sebab kekayaan arkeologi merupakan acuan untuk mencari jati diri sejarah bangsa kita. Disampaikan pula bahwa kekayaan arkeologi merupakan kekayaan yang bernilai tinggi sehingga generasi muda bangsa ini harus berperan aktif dalam mengidentifikasi, menjaga dan melestarikan sumber daya arkeologi yang ada di sekitarnya. Generasi muda juga bertugas untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan informasi mengenai keberadaan sumber daya arkeologi yang terdapat di sekitarnya agar supaya masyarakat mengetahunya dan para peneliti dapat mempelajarinya.

Tepat pada pukul 12.30 wita, acara Sosialisasi Arkeologi ditutup dan dibukalah Pameran Rumah Peradaban Arkeologi. Di sela-sela itu, pengurus Rumah Peradaban Lendang Nangka dan Badan Arkeologi Nasional memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang dianggap berperan terhadap terselenggaranya Program Rumah Peradaban tersebut.

Pameran Rumah Peradaban Arkeologi ini diselenggarakan selama tiga hari (26 – 29 September 2016). Tempat kegiatannya adalah di Sekertariat Rumah Peradaban Lendang Nangka Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur yang berada tepat di depan Masjid Agung Lendang Nangka. Pameran dilaksanakan mulai dari pukul 08.00 wita hingga pukul 22.00 wita, jadwal ini berlaku hingga tanggal 29 September 2016 (berahirnya acara).