Cara Usulan Penerimaan Program Akses Internet USO

Assalamu’alaikum Wr... Wb....

Bagaimana kabarnya Warga Kampung Media, semoga baik-baik saja, ya. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan sebuah cara pengusulan untuk mendaptakan sebuah perangkat yang digunakan untuk bisa mengakses internet.  Seperti yang kita ketahui, bahwa internet sekarang sangat mengglobal. Karena sifatnya demikian, maka siapa pun sangat membutuhkannya.

Mengakses internet sangatlah dibutuhkan oleh pihak mana pun. Dengan cara ini, segala informasi terbaru akan mudah sekali didapatkan. Namun, jika itu adalah sebuah lembaga, apalagi yang memiliki daerah tertinggal, untuk mendapatkan hal demikian sangatlah sulit. Terkendala dengan jangkauan atau pun biaya. Namun, yang paling umum biasanya terkendala dengan biaya. Tidak ada biaya untuk membeli peralatannya atau pun hal lainnya.

Perlu diketahui, dengan adanya kendala demikian, pemerintah dalam bidang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  memberikan kita kemudahan untuk memperolehnya dengan sebuah programa bernama Usulan Penerimaan Program Akses Internet USO. Programa ini berlaku bagi daerah tertinggal (dikhususkan bagi sekolah-sekolah). Di mana, perlu diketahui bahwa provinsi kita yaitu Nusa Tenggara Barat termasuk provinsi daerah tertinggal. Di mana bagian tersebut dibagi menjadi beberapa kabupaten.

  1. Lombok Barat
  2. Lombok Tengah
  3. Lombok Timur
  4. Sumbawa
  5. Dompu
  6. Bima
  7. Sumbawa Barat
  8. Lombok Utara

Jumlah kabupaten yang disebut di atas bersumber dari Peraturan Presiden Nomor 131 tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015 – 2019.

Dengan adanya penetapan demikian, maka bagi kabupaten yang termasuk daerah tertinggal berhak untuk mengusulkan penerimaan akses internet USO. Lalu, bagaimana caranya kita tahu bahwa daerah kita termasuk daerah tertinggal? Sedangkan, setiap kabupaten memiliki beberapa daerah lainnya?

Hal ini juga menjadi pertanyaan pribadi saya. Namun, sedikit pengetahuan saya. Biasanya, daerah tertinggal memiliki ketentuan yang bisa dicek saat mengecekkan Info GTK bagi guru-gur PNS di sekolah. Di data Info GTK guru memiliki info bahwa daerah sekolahnya termasuk ‘Wilayah Khusus’. Berikutnya, biasanya setiap sekolah yang memiliki GGD (Guru Garis Depan) merupakan daerah yang termasuk daerah tertinggal. Namun perlu diketahui, pengetahuan sederhana ini tidak menjadi patokan tentang kebenarannya. Pada hal sebenarnya, hanya data yang dikeluarkan oleh Bupati saja atau pihak-pihak berwewenang.


Setelah mengetahui daerah tertinggal, lalu bagaimana cara mengusulkannya? Berikut caranya:

Pertama, silahkan klik di link berikut:

Kedua, silahkan dibaca format yang sudah disediakan langsung. Cermati dengan benar-benar lalu siapkan data yang diminta. Silahkan diisi.

Ketiga, lampirkan Surat Permohonan Resmi yang dibuat oleh Kepala Sekolah. Surat permohonan ini silahkan dibuat seperti surat permohonan biasanya. Sebab, format untuk surat permohonan resmi tidak ada. Yang terpenting adalah benar-benar dan bisa dipertanggungjawabkan.

Keempat, jika semuanya sudah selesai, maka silahkan klik ‘Submit’, maka ketika sudah terkirim keterangan sukses akan muncul.


Gimana, caranya sangat simpel, kan? Nah, bagi Warga Kampung Media yang termasuk daerah tertinggal boleh dicoba. Tapi ingat, namanya pengusulan, jadi diterima atau tidaknya tergantung dari keberuntungan kita. Tapi setidaknya, kita mencoba, kan?

Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat!

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru